Promo hemat sampai 25% untuk berlangganan 1 tahun pertama EMR Advomed

Panduan untuk Klinik Pratama Mengelola Antrean Pasien Secara Digital

Simak panduan untuk klinik pratama mengelola antrean pasien secara digital. Lebih efisien, klinik pun bebas dari antrean panjang dan komplain pasien.

EDUKASI

7/9/20254 min read

Klinik pratama seringkali dihadapkan pada tantangan klasik, yaitu antrean pasien yang menumpuk. Antrean yang panjang tidak hanya menurunkan kualitas pelayanan, tetapi juga memicu stres, baik bagi pasien maupun staf klinik.

Nah, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, Anda dapat menciptakan suasana yang lebih kondusif dan nyaman. Caranya adalah dengan menggunakan sistem antrean digital klinik.

Anda tak perlu bingung bagaimana memulainya. Mari simak panduan mengelola antrean pasien secara digital untuk klinik pratama berikut ini.

Mengapa Antrean Digital Penting untuk Klinik Pratama?

Tinggalkan cara manual. Sekarang saatnya Anda beralih ke sistem pendaftaran digital yang memberi banyak manfaat signifikan.

1. Meningkatkan Efisiensi, Produktivitas Staf Klinik, dan Kepuasan Pasien

Dengan sistem pendaftaran dan antrean digital, maka waktu tunggu pasien akan berkurang. Pasien lebih puas dan nyaman. Mereka dapat mendaftarkan diri secara online dan memantau antrean dari mana saja sebelum datang ke klinik.

Nah, mari kita lihat fakta tentang hal ini dari hasil penelitian yang termuat di Jurnal Pendidikan Tambusai. Intan Pratiwi, dkk., dari Universitas Dhyana Pura melakukan penelitian tentang efektivitas sistem reservasi online terhadap waktu tunggu pendaftaran di Klinik Pratama Sidhi Sai, Badung, Bali.

Klinik ini sebelumnya masih menggunakan pendaftaran manual. Rata-rata waktu tunggu per pasien sekitar 14 menit sehingga sering terjadi penumpukan di bagian pendaftaran klinik.

Setelah implementasi sistem digital, rata-rata waktu tunggu per pasien hanya sekitar 4 menit. Pasien pun dapat mendaftar dan mendapatkan nomor antrean tanpa perlu datang dulu ke klinik. Alur klinik jadi lebih praktis dan efisien.

Selain itu, otomatisasi proses antrean membebaskan staf dari tugas-tugas administratif. Staf dan tenaga medis dapat lebih fokus pada interaksi dengan pasien, serta memberikan perawatan yang lebih personal.

2. Data Akurat untuk Pengambilan Keputusan

Sistem digital mencatat data antrean secara otomatis, mulai dari waktu tunggu rata-rata, jumlah pasien per jam, atau hari paling sibuk. Data ini dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dan perbaikan operasional klinik.

3. Menciptakan Citra Klinik Pratama yang Modern dan Profesional

Klinik yang menerapkan software klinik terbaik, termasuk di dalamnya fitur antrean digital, akan dipersepsikan lebih modern dan profesional. Anda tidak perlu lagi ribet dengan urusan kertas dan pencatatan manual.

Langkah-langkah Mengimplementasikan Sistem Antrean Digital

Cara mengelola antrean pasien secara digital tentu dengan mengimplementasikan software klinik / SIM Klinik yang menawarkan fitur antrean digital terlebih dahulu. Anda dapat mengimplementasikannya secara bertahap sesuai kebutuhan klinik.

1. Evaluasi Kebutuhan Klinik

Cara pertama adalah dengan mengidentifikasikan apa saja yang menjadi kebutuhan klinik. Kemudian, cari tahu apa saja masalah spesifik yang ingin dipecahkan dengan sistem antrean digital. Apakah fokusnya pada mengurangi waktu tunggu, meningkatkan kepuasan pasien, atau keduanya?

2. Pilih Vendor Sistem yang Tepat

Banyak pilihan vendor sistem antrean digital di pasaran. Pertimbangkan fitur yang ditawarkan, misalnya, reservasi online, notifikasi SMS, tampilan digital, dukungan teknis, anggaran, dan lain sebagainya. Cek juga bagaimana rekam jejak vendor untuk memastikan kualitas pelayanan.

Vendor software klinik yang dapat Anda andalkan adalah Advomed. Advomed memiliki software dan fitur antrean digital yang terjamin kualitas serta keamanannya. Tentunya didukung dengan harga terjangkau dan tim yang responsif 24/7.

3. Pelatihan Staf

Pastikan seluruh staf, mulai dari resepsionis hingga dokter, memahami cara kerja sistem dan dapat menggunakannya dengan baik. Pelatihan yang komprehensif akan memastikan transisi dari manual ke sistem digital berjalan mulus.

4. Sosialisasi kepada Pasien

Informasikan kepada pasien tentang perubahan ke sistem digital. Berikan panduan yang jelas tentang cara menggunakan sistem, baik melalui poster, brosur, atau penjelasan langsung dari staf.

5. Evaluasi dan Optimalisasi Berkelanjutan

Setelah sistem berjalan, pantau kinerjanya secara berkala. Gunakan data yang terkumpul untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan terus optimalkan prosesnya.

Fitur Penting dalam Sistem Antrean Digital

Ada beberapa fitur yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih sistem antrean digital. Ini akan sangat membantu sistem berjalan dengan baik sesuai alur dan kebutuhan klinik pratama.

1. Reservasi Online

Fitur ini memungkinkan pasien melakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor antrean dari rumah melalui aplikasi atau situs website. Pasien tidak perlu datang dan menumpuk di bagian pendaftaran klinik.

2. Notifikasi Otomatis

Fitur notifikasi otomatis dapat berupa SMS atau pesan WhatsApp kepada pasien yang sudah melakukan reservasi. Notifikasi berisi informasi mengenai status antrean, perkiraan waktu tunggu, atau pengingat jadwal. Fitur ini sangat membantu mengurangi no-show pasien.

3. Manajemen Ruangan/Dokter

Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur alur pasien berdasarkan dokter atau ruangan yang dituju. Bentroknya jadwal praktik dokter pun dapat dihindari.

4. Integrasi dengan Sistem Rekam Medis Elektronik (RME)

Jika klinik sudah memiliki RME, maka integrasi akan sangat membantu dalam sinkronisasi data pasien. Saat pasien melakukan reservasi, maka otomatis akan langsung tersambung ke data rekam medisnya. Staf tidak perlu repot lagi mencari secara manual.

5. Laporan dan Analitik

Fitur ini menyediakan data dan grafik tentang kinerja antrean, waktu tunggu, dan statistik lainnya untuk analisis. Perbaikan sistem sesuai dengan kebutuhan di lapangan pun akan lebih mudah dilakukan.

Beralih ke Pengelolaan Antrean Pasien Secara Digital Bersama Advomed

Sistem antrean digital akan menjadi investasi cerdas untuk masa depan klinik pratama Anda. Bayangkan senyum puas pasien yang tidak lagi menunggu lama dan suasana klinik yang lebih teratur. Staf klinik hingga tenaga medis dapat bekerja lebih produktif serta fokus pada pelayanan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera wujudkan klinik pratama yang bukan hanya mengobati penyakit, tetapi juga memberikan pengalaman pelayanan yang menyenangkan untuk pasien.

Percayakan Advomed sebagai mitra digital terbaik Anda. Kami menawarkan keunggulan:

  • Software klinik yang dilengkapi dengan fitur reservasi janji temu atau booking konsultasi offline pasien via Web Cekcepat yang tersambung ke modul pendaftaran.

  • Pasien dapat mengakses fitur reservasi dengan mudah tanpa perlu install aplikasi khusus.

  • Tampilan antarmuka software klinik Advomed user-friendly sehingga memudahkan staf klinik atau tenaga medis menggunakannya.

  • Keamanan canggih dan terenkripsi.

  • Mudah diintegrasikan, termasuk dengan platform SATUSEHAT.

Hubungi tim Advomed dengan klik tombol WhatsApp di bawah ini. Konsultasikan kebutuhan software klinik dan sistem antrean digital sesuai kebutuhan klinik pratama Anda.

Jadwalkan demo gratis untuk melihat fitur dan tampilan antarmuka dari software Advomed. Mulai langkah digitalisasi klinik Anda dengan lebih mudah bersama kami.

Referensi:
Jurnal Pendidikan Tambusai
https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/19686/14239/35123