Promo hemat sampai 25% untuk berlangganan 1 tahun pertama EMR Advomed
Tingkatkan Loyalitas Pasien dengan Fitur Telekonsultasi Web App
Fitur telekonsultasi berbasis web app dapat menjadi solusi untuk meningkatkan loyalitas pasien. Temukan manfaat dan keunggulan, serta strategi pemanfaatannya di sini.
EDUKASI
8/5/20253 min read


Fitur telekonsultasi berbasis web app kini menjadi salah satu cara praktis untuk meningkatkan loyalitas pasien. Loyalitas pasien berakar pada kepercayaan, kenyamanan, dan rasa dihargai. Nah, fitur telekonsultasi berbasis web app yang ada pada software klinik secara fundamental menjawab kebutuhan tersebut.
Lantas, apa sebenarnya fitur telekonsultasi berbasis web app? Apa manfaat dan keunggulannya untuk meningkatkan loyalitas pasien? Mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini.
Apa Itu Fitur Telekonsultasi Berbasis Web App?
Melansir National University Health System, telekonsultasi adalah salah satu fitur dari layanan telemedicine dalam sistem digital software klinik. Fitur telekonsultasi berbasis web app menghadirkan layanan konsultasi kesehatan secara online di platform khusus yang dapat diakses melalui web browser di smartphone, tablet, atau laptop.
Pasien dan tenaga kesehatan tidak perlu berada di lokasi yang sama untuk saling berinteraksi. Telekonsultasi berbasis web app memungkinkan komunikasi antara pasien dan tenaga medis melalui cara-cara praktis, seperti panggilan video, panggilan audio, atau pesan teks.
Manfaat dan Keunggulan Telekonsultasi Berbasis Web App untuk Klinik
Telekonsultasi berbasis web app memiliki beberapa manfaat dan keunggulan yang akan berdampak pada meningkatnya loyalitas pasien. Berikut ini manfaat dan keunggulannya.
1. Aksesibilitas Lebih Luas
Dengan telekonsultasi berbasis web app, pasien yang memiliki keterbatasan mobilitas tetap dapat mengakses layanan kesehatan dengan waktu yang fleksibel. Pasien dapat berkonsultasi dengan nyaman dari mana saja. Ini sekaligus membantu pasien menghemat biaya transportasi.
2. Mempercepat Layanan Konsultasi Medis
Dengan telekonsultasi, pasien tidak perlu antre atau menunggu lama di klinik. Dari mana saja, pasien dapat melakukan konsultasi medis dengan lebih cepat. Pada akhirnya, pasien mendapat pengalaman menyenangkan dengan layanan kesehatan yang cepat, modern, dan responsif.
3. Kontinuitas Perawatan yang Terlacak
Dengan riwayat konsultasi dan medis yang terintegrasi di web app, dokter dapat melacak perkembangan pasien dengan lebih baik. Pasien akan merasa lebih aman karena riwayat kesehatan mereka terpantau meskipun tidak hadir secara fisik di klinik. Hal ini menumbuhkan kepercayaan pasien pada pelayanan di klinik Anda.
5 Strategi Konkret Meningkatkan Loyalitas Pasien dengan Fitur Telekonsultasi
Jika Anda tertarik menerapkan telekonsultasi berbasis web app untuk meningkatkan loyalitas pasien di klinik, maka coba terapkan beberapa strategi cerdas ini agar hasilnya optimal.
1. Pilih Penyedia Layanan Fitur Telekonsultasi Terpercaya
Kunci dari keberhasilan layanan telekonsultasi adalah tersedianya fitur yang bagus di sistem digital klinik. Pilih vendor software klinik terbaik yang menyediakan modul telemedicine dengan fitur telekonsultasi yang terjamin kualitasnya.
2. Personalisasi Layanan
Jika sudah diimplementasikan, gunakan data dari fitur telekonsultasi untuk menawarkan rekomendasi kesehatan yang dipersonalisasi atau mengingatkan jadwal kontrol pasien. Notifikasi otomatis untuk ucapan terima kasih sederhana pun dapat membuat pasien merasa dihargai.
3. Saluran Komunikasi Efisien
Manfaatkan fitur chat langsung dengan dokter atau staf medis untuk pertanyaan cepat non-darurat. Respon yang cepat dan informatif membangun rasa aman bagi pasien.
4. Umpan Balik yang Responsif
Sediakan fitur survei kepuasan pasca konsultasi di web app. Aktif mendengarkan masukan menunjukkan bahwa Anda peduli. Ini membantu Anda untuk meningkatkan loyalitas pasien.
5. Edukasi Kesehatan Berkelanjutan
Sajikan artikel, video, atau infografis edukasi kesehatan yang relevan di dalam web app. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli pada kesehatan jangka panjang pasien, bukan hanya saat mereka sakit.
Fitur Telekonsultasi dari Advomed by Cekcepat
Dengan kepraktisan dan fleksibilitasnya, fitur telekonsultasi berbasis web app dapat menjadi solusi praktis untuk meningkatkan loyalitas pasien. Segera manfaatkan fitur ini untuk mengubah cara pasien berinteraksi dengan layanan kesehatan di klinik Anda.
Modul telemedicine Advomed by Cekcepat menghadirkan fitur telekonsultasi terbaik yang dapat Anda andalkan! Berikut ini beberapa keunggulannya:
Aplikasi eksklusif khusus Anda dan pasien.
Fitur telekonsultasi dilakukan dengan cara video call tanpa batasan ruang konsultasi pada waktu bersamaan.
Akses fitur telekonsultasi dari perangkat yang biasa Anda gunakan, seperti smartphone, laptop, atau komputer.
Pasien cukup membuka link telekonsultasi untuk konsultasi online atau konsultasi rujukan.
Telekonsultasi multipihak yang memungkinkan dokter berdiskusi langsung dengan pasien dan pendamping atau bersama dokter spesialis.
Pasien dapat booking telekonsultasi dokter di klinik secara mandiri melalui Cekcepat Web Mobile.
Anda dapat menerima konsultasi rujukan dari dokter yang menggunakan Cekcepat.
Terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran yang memudahkan pasien maupun staf klinik.
Advomed by Cekcepat bukan sekadar menawarkan aplikasi, tetapi mitra digital yang memahami tiap detail kebutuhan klinik Anda. Buktikan sendiri dengan mencoba demonya sekarang!
Jadwalkan demo gratis untuk mencoba software klinik Advomed dan fitur-fiturnya yang lengkap.
Konsultasikan kebutuhan fitur telekonsultasi atau fitur lain yang Anda butuhkan dengan tim ahli kami. Langsung klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk terhubung dengan tim Advomed dan dapatkan penawaran terbaiknya.
Referensi:
- National University Health System (https://www.nuhs.edu.sg/patient-care/teleconsult)