Memahami Rekam Medis Elektronik dan Kewajiban Klinik Terintegrasi SATUSEHAT

Pahami apa itu rekam medis elektronik dan kewajiban klinik terintegrasi SATUSEHAT. Lebih mudah integrasi sistem rekam medis dan SATUSEHAT bersama Advomed.

EDUKASI

7/7/20253 min read

kewajiban klinik menggunakan RME
kewajiban klinik menggunakan RME

Salah satu pilar penting dalam transformasi digital layanan kesehatan adalah implementasi rekam medis elektronik (RME) dan kewajiban klinik untuk terintegrasi dengan platform SATUSEHAT. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu rekam medis elektronik? Mengapa klinik harus terhubung dengan SATUSEHAT?

Sepenting apakah keduanya untuk menunjang efisiensi operasional klinik Anda? Memahami kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga kepatuhan pada regulasi yang berlaku. Yuk, kita bahas satu per satu lebih detail lagi.

Apa Itu Rekam Medis Elektronik dan Keunggulannya

Melansir Australian Digital Health Agency, rekam medis elektronik (RME) adalah sistem digital yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan informasi medis pasien secara real-time. Informasi tersebut mencakup data demografi, riwayat kesehatan, hasil pemeriksaan fisik, diagnosis, rencana perawatan, dan resep obat.

Bahkan, sistem ekam medis elektronik terbaik mampu mengakomodir informasi hasil laboratorium dan catatan perkembangan pasien. Berbeda dengan rekam medis manual berbasis kertas, RME menawarkan berbagai keunggulan, yaitu:

1. Aksesibilitas dan Efisiensi

Informasi pasien dapat diakses dengan cepat oleh staf yang berwenang kapan saja dan di mana saja. Ini mempercepat proses pelayanan dan mengurangi waktu tunggu pasien.

Lalu, bayangkan seandainya ada pasien lama yang datang ke klinik tanpa membawa kartu berobat. Alih-alih sibuk mencari nomor rekam medis si pasien dan membongkar tumpukan kertas, Anda dapat seketika menemukan datanya hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di sistem rekam medis.

2. Akurasi dan Kelengkapan Data

RME membantu mengurangi kesalahan penulisan dan memastikan kelengkapan data. Sistem ini seringkali memiliki fitur validasi untuk meminimalkan data yang hilang atau tidak konsisten.

Kelengkapan data rekam medis pasien akan sangat membantu saat Anda membuat laporan rutin dan pengajuan klaim ke BPJS Kesehatan.

3. Keamanan dan Privasi

Dengan fitur keamanan canggih seperti enkripsi dan kontrol akses, RME lebih aman dari risiko kehilangan atau kerusakan fisik.

Fitur keamanan akan menjaga kerahasiaan informasi pasien karena hanya dapat diakses oleh staf yang berwenang.

4. Pengambilan Keputusan Klinis yang Lebih Baik

Data RME yang terstruktur, mudah dianalisis, dan tersaji real-time memungkinkan tenaga medis membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan bukti konkrit.

5. Integrasi Data

RME memudahkan berbagi informasi antar departemen di dalam satu fasilitas kesehatan atau bahkan dengan fasilitas lain jika terintegrasi dalam suatu ekosistem.

Salah satunya terkait dengan kewajiban klinik untuk mengintegrasikan sistem rekam medisnya dengan platform SATUSEHAT.

Mengapa Klinik Wajib Terintegrasi dengan SATUSEHAT?

Kewajiban klinik untuk mengimplementasikan sistem rekam medis elektronik yang terintegrasi dengan SATUSEHAT bukan tanpa alasan.

Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan ekosistem kesehatan digital yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Dasar hukumnya tertuang pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Adapun tujuan mengapa klinik harus terintegrasi dengan SATUSEHAT, yaitu:

  1. Meningkatkan mutu pelayanan klinik.

  2. Pengambilan keputusan yang lebih bijak dan tepat sasaran karena berbasis data.

  3. Efisiensi sistem kesehatan nasional karena adanya integrasi antar fasilitas kesehatan.

  4. Mencapai satu data kesehatan untuk setiap individu di Indonesia. Pasien akan memiliki rekam medis personal yang dapat diakses secara aman oleh mereka sendiri dan tenaga medis yang berwenang.

Bagaimana Klinik Terintegrasi dengan SATUSEHAT?

Apakah sulit mengintegrasikan sistem di klinik dengan platform SATUSEHAT? Jika Anda paham, tentu tidak sulit untuk melakukannya. Ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan, yaitu:

1. Pilih Aplikasi RME yang Kompatibel

Pastikan aplikasi rekam medis elektronik yang Anda pilih telah memenuhi standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dan memiliki fitur integrasi dengan SATUSEHAT.

Penyedia SIM Klinik yang sudah siap untuk integrasi ini, yaitu Advomed. RME Advomed terintegrasi dengan SATUSEHAT, BPJS Kesehatan, dan Mobile JKN.

2. Daftar dan Lakukan Proses Integrasi

Klinik perlu mendaftarkan diri ke Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan kredensial yang diperlukan.

Proses integrasi teknis melibatkan bridging data dari sistem RME klinik ke platform SATUSEHAT melalui API (Application Programming Interface) yang disediakan.

Baca selengkapnya Panduan Registrasi SATUSEHAT Kemkes. Advomed dapat Anda andalkan sebagai mitra digital terpercaya untuk melakukan integrasikan sistem RME klinik dengan SATUSEHAT.

3. Pastikan Kualitas Data

Penting untuk memastikan data yang diunggah ke SATUSEHAT sudah akurat, lengkap, dan sesuai standar format yang ditentukan.

Ini termasuk data demografi pasien, riwayat kunjungan, diagnosis, tindakan, obat-obatan, dan hasil pemeriksaan.

4. Pelatihan Sumber Daya Manusia

Latih staf klinik untuk menggunakan sistem rekam medis dan memahami alur kerja baru yang terintegrasi dengan SATUSEHAT.

Sebagus apapun sistemnya, tentu harus didukung dengan kesiapan SDM sebagai kunci keberhasilan implementasi.

5. Lakukan Audit dan Pemantauan Berkala

Meskipun rekam medis elektronik sudah terimplementasi, tetap pantau secara berkala. Lakukan audit internal untuk memastikan kepatuhan dan kualitas data yang dikirimkan ke SATUSEHAT.

Penutup

Rekam medis elektronik (RME) adalah sistem yang akan membantu pengumpulan, pengelolaan, dan penyimpanan data serta informasi pasien secara digital. Implementasinya adalah investasi jangka panjang yang penting bagi klinik Anda.

Dengan RME dan integrasi SATUSEHAT, Anda tidak hanya mematuhi regulasi, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional, keamanan data, hingga perbaikan kualitas pelayanan. Nah, apakah klinik Anda sudah memulainya? Jika belum, jangan tunda!

Segera mulai langkah digitalisasi klinik Anda bersama Advomed. RME Advomed memiliki fitur lengkap dan terintegrasi. Tampilan antarmukanya sederhana dan user-friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Biaya langganan sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan klinik. Dengan dukungan teknis 24 jam dari tim ahli yang responsif, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kendala kapan saja.

Tertarik melihat lebih detail bagaimana tampilan dan fitur RME Advomed? Jadwalkan demo gratisnya sekarang! Cukup klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk berkonsultasi dan mendapatkan penawaran menarik dari tim Advomed.

Referensi: