7 Cara Memulai Digitalisasi Klinik yang Tepat: Langkah Demi Langkah

Begini cara memulai transformasi digital klinik yang tepat dan terencana. Pahami langkah-langkahnya agar klinik Anda tak tertinggal.

EDUKASI

6/25/20253 min read

Di tengah perkembangan zaman, memulai transformasi digital dengan software klinik modern merupakan keharusan. Penelitian yang termuat di laman MDPI menyebut bahwa transformasi digital adalah solusi inovatif untuk kemajuan klinik secara keseluruhan.

Lantas, bagaimana cara memulainya? Berikut ini 7+ cara memulai transformasi digital klinik yang tepat. Cermati langkah demi langkah untuk melakukan perencanaan matang hingga implementasinya. Temukan bagaimana Advomed akan menjadi sahabat terbaik dalam perjalanan transformasi digital di klinik Anda.

Langkah Demi Langkah Cara Memulai Transformasi Digital Klinik

Transformasi digital memang mengandalkan software klinik atau aplikasi klinik sebagai penggerak utamanya. Namun, sebelum menuju ke sana, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah penting lainnya. Hal ini untuk memastikan digitalisasi berjalan dengan software klinik terbaik dan sesuai kebutuhan.

1. Evaluasi Kebutuhan dan Kondisi Saat Ini

Langkah awal untuk memulai transformasi digital adalah dengan memahami apa saja kebutuhan dan bagaimana kondisi klinik saat ini. Lakukan analisis mendalam untuk memetakan secara detail alur kerja klinik, mulai dari pendaftaran pasien, manajemen janji temu, pengelolaan rekam medis, resep obat, hingga proses pembayaran. Libatkan staf dan pasien untuk mengetahui kesulitan apa saja yang mereka alami saat menggunakan sistem manual.

2. Susun Rencana Strategis yang Matang

Setelah melakukan langkah pertama tadi, Anda akan mendapat gambaran sistem digital yang realistis sesuai kemampuan dan kebutuhan klinik. Dengan memperhatikan infrastruktur, SDM, dan anggaran, mulailah menyusun rencana strategis yang matang. Tentukan tujuan dan cakupan sistem yang ingin Anda transformasikan secara digital. Pastikan tujuan Anda spesifik dan terukur.

3. Survei Aplikasi Klinik

Hasil yang optimal dari digitalisasi klinik akan tercapai jika Anda memilih aplikasi klinik yang tepat. Lakukan survei aplikasi klinik terbaik yang sesuai dengan anggaran, tujuan, dan rencana strategis digitalisasi yang sudah Anda rancang di langkah kedua tadi.

Pilih aplikasi klinik berkualitas yang tampilannya user-friendly dan memiliki banyak fitur. Nilai plus jika mudah diintegrasikan dengan aplikasi kesehatan lain dan performanya bagus. Pastikan aplikasi yang akan Anda pilih memiliki tingkat keamanan tinggi dan mematuhi semua peraturan privasi data kesehatan yang berlaku.

4. Persiapkan SDM

Sumber daya manusia (SDM) berperan penting dalam digitalisasi dan operasional layanan digital di klinik. SDM harus siap menerima perubahan dari manual ke digital sebagai bagian dari perkembangan klinik. Komunikasikan manfaat digitalisasi secara transparan.

Pilih vendor penyedia software klinik yang bersedia memberi pelatihan dan dukungan teknis penuh. Dengan pelatihan dari vendor, maka SDM akan lebih mudah beradaptasi dengan sistem dan proses digitalisasi.

5. Konsultasi dengan Ahli mengenai Software Klinik Terbaik

Jika masih ragu software klinik terbaik seperti apa yang sesuai dengan tujuan dan cakupan sistem yang ingin Anda bangun, maka berkonsultasilah dengan ahlinya. Pilih vendor yang kompeten dan memiliki rekam jejak bagus. Vendor terbaik biasanya memiliki ahli yang dapat memberikan solusi efektif tentang software klinik dan aplikasi klinik yang sesuai kebutuhan.

6. Implementasi Bertahap

Mulai proses digitalisasi dengan implementasi bertahap. Implementasikan modul tertentu atau di satu bagian terlebih dahulu. Cara ini memungkinkan Anda untuk menguji sistem, mengidentifikasi tantangan yang muncul, serta melakukan penyesuaian sebelum implementasi secara keseluruhan.

Sejalan dengan itu, lakukan proses migrasi data pasien dengan cermat agar data akurat dan terintegrasi sempurna. Jika implementasi bertahap berjalan dengan baik, mulailah mengimplementasikan sistem ke bagian-bagian lain di klinik. Pastikan antar bagian di klinik dapat saling berkomunikasi dan berbagi data dengan lancar.

7. Pantau Kinerja Transformasi Digital Klinik

Pantau terus bagaimana kinerja transformasi digital di klinik Anda. Cek tingkat akurasi rekam medis elektronik, kepuasan pasien, dan tingkat adaptasi staf. Kumpulkan feedback dari staf dan pasien terkait pengalaman mereka terhadap transformasi digital di klinik.

Feedback akan membantu Anda untuk melakukan penyesuaian dan peningkatan pada sistem. Untuk mendukung hal ini, vendor yang menyediakan dukungan responsif adalah pilihan terbaik. Jika terjadi kendala, Anda dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan bantuan yang cepat kapan saja.

Jangan Tunda! Mulai Transformasi Digital Klinik Anda Bersama Advomed

Cara memulai transformasi digital tidaklah rumit. Dengan perencanaan yang tepat, klinik akan memiliki sistem yang lebih efisien dan efektif. Terlebih, Advomed hadir sebagai sahabat transformasi digital bagi klinik Anda.

Advomed berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang manajemen dan operasional klinik. Kami mendukung berbagai layanan klinik secara terintegrasi. Advomed menggunakan platform SaaS (Software as a Service) berbasis cloud dengan fitur yang lengkap dan keamanannya terjamin. Tampilan antarmukanya pun user-friendly.

Tersedia layanan pelatihan dan dukungan teknis 24/7 yang responsif sehingga mempercepat proses adaptasi staf terhadap sistem. Advomed menyediakan paket sistem digital klinik dengan harga terjangkau. Ini memudahkan Anda untuk memilih software klinik yang sesuai dengan kebutuhan tanpa membebani anggaran.

Tertarik untuk melihat cara kerjanya? Yuk, jadwalkan demo gratis untuk mencoba software klinik terbaik dari Advomed sekarang!

Klik tombol WhatsApp di bawah ini untuk terhubung dan berdiskusi dengan tim kami. Mari mulai transformasi digital klinik Anda dengan lebih mudah bersama Advomed!

Referensi: